Yang Bisa Dilakukan Ketika Sinyal Interenet Hilang



Sobat koci pernahkah merasa bahwa internet telah menjadi bagiaan kebutuhan hidup sehari-hari? Beraktifitas sepertinya akan terasa hampa tanpa  adanya smartphone dalam genggaman yang terhubung dengan sinyal internet. Dan pernahkah sobat koci mengalami ini ketika kuota internet cukup, telepon, dan SMS lancar, tapi saat sobat koci buka browser atau menjalankan fungsi aplikasi yang butuh koneksi internet, sobat koci sulit terhubung bahkan gagal koneksi internetnya.

Hal pertama yang utama yang harus dilakukan sobat koci adalah ... kalem... hehe

Jangan buru-buru menghubungi operator hanya untuk memastikan kenapa internet sobat koci gak jalan. Karena sebenernya sobat koci sendiri sudah bisa mengatasinya dengan mudah. Berikut adalah hal yang perlu sobat koci perhatikan ketika sinyal internet hilang.
  1. Pastikan Pengaturan APN Sudah Benar 


    Handphone oke, flagship, kelas atas, sudah yang paling trendi masa kini. Tapi waktu sobat koci menghubungi operator hasilnya adalah disarakan untuk mengecek pengaturan APN atau Access Point Name atau Titik Nama Akses. Disitu mungkin sobat koci bingung dan menanyakan kembali kepada operator, dimana letaknya pengaturan APN itu. Tapi tetep aja gak ketemu-ketemu letak pengaturan APN-nya.

    Umumnya untuk settingan APN atau Titik Nama Akses pada kebanyakan handphone, misalnya jenis Anroid, ada pada bagian Pengaturan, Pengaturan Jaringan, atau Mobile Network. Nah selanjutnya disana sobat koci bakal temukan APN atau Titik Nama Akses. Disitulah sobat koci harus edit, dan pastikan pengaturan APN-nya sudah benar. Masing-masing APN untuk tiap operator akan berbeda, misalnya Telkomsel nama APN nya adalah internet, untuk Three misalnya 3data, atau XL dengan XLBroadband.
  2. Tempat Dimana Berada Saat Tidak Terhubung dengan Internet 

    Ini juga dapat mempengaruhi terkait bisa apa gak-nya sobat koci terhubung ke sinyal internet. Sobat koci gak bisa internet tepatnya pas dimana? Dilantai parkir? Di basement? Di dalam gedung? Di dalam bioskop? Bisa jadi memang sobat koci gak bisa terhubung sinyal internet di tempat seperti itu. Kenapa? Ya masa sih mau bangun BTS atau stasiun pemancar di dalam gedung? Kalem

    Kadang memang sobat koci harus berpindah posisi ke ruang yang lebih terbuka untuk bisa terjangkau sinyal dengan baik. Karena mayoritas penyedia layanan komunikasi selular masih memanfaatkan teknologi pemancar atau BTS (Base Trasceiver Station) dari satu titik ke titk lain. Ini bukan sejenis perangkat yang bisa sobat koci masukkan ke dalam saku. Andai pun bisa, daya pemancar itu juga mampu merusak badan sobat koci.
  3.  Perhatikan Keterangan yang Muncul 

    Nah, ini juga sering terjadi, saat gak bisa akses internet, kita gak pernah taahu atau mencoba mencari tahu kendala kita sebenarnya bagaimana. Alih-alih emosi gak bisa akses internet, hubungi operator, lanjut meluapkan kekesalan. Perhatikan keterangan yang muncul saat sobat koci gak bisa akses internet atau mengakses situs-situs tertentu, apa dia buffering atau loading saja? Ini bisa jadi masalah jangkauan sinyal dimana posisi sobat koci berada loh, so berpindahlah dari posisi sobat koci mengakses layanan internet.

    Apakah muncul 504 Error atau 404 atau Restricted? Bisa jadi situs itu down atau memang domainnya nunggak dan sudah dialihkan ke alamat lain, atau yang terburuknya situs itu sudah nggak tersedia karena diblokir pemerintah sebab kontennya.
  4. WiFi 


    Soal WiFi, saat kemajuan teknologi  sudah seperti sekarang masifnya di Indonesia, umumnya kota-kota besar, teknologi MiFi atau mini WiFi sudah mulai menjamur. 

    Modem MiFi bentuknya sangat ringkas, kecil, dan mudah digenggam. Seringkali di kota-kota besar ini dijadikan semacam pemancar mini untuk membagikan sinyal internet dalam mode WiFi yang pada mayoritas handphone saat ini sudah mendukungnya. Jadi, mungkin saja untuk terhubung dengan internet menggunakan MiFi, sementara handphone atau smartphone kita diisikan pulsa hanya sekedar untuk telepon dan SMS. 

    Selain lebih hemat karena pengaturan uang kita jadi lebih terarah, juga lebih jadi semacam pengendali ketergantungan kita dengan keinginan selalu terhubung dengan internet.
  5. Terkadang Semudah Restart atau Lepas Pasang Baterai, dan Coba Lagi 

    APN sobat koci sudah benar pengaturannya, terus sobat koci coba terhubung ke internet tapi masih juga susah terkoneksi. Jangan buru-buru ngamuk deh! Pindah posisi ke ruang yang lebih terbuka, restart atau mati nyalakan handphone sobat koci, atau jika handphone sobat koci bisa dilepas pasang baterainya, lakukan! – kemudian coba lagi. 

    Terkadang ini juga perlu dilakukan sekedar untuk menyegarkan kembali jaringan atau sinyal, bahkan sinyal internet smartphone sobat koci. Hal yang sama juga bisa sobat koci lakaukan dengan mesin pencari, entah sobat koci menggunakan browser bawaan atau dari aplikasi pihak ketiga. Coba sobat koci segarkan juga aplikasinya dengan membersihkan cache atau cookies, atau bahkan history pada browser, termasuk password-password yang sudah sobat koci koneksikan.

Media informasi IT online kota cirebon, tempat berbagi informasi seputar dunia IT terbaru dengan konten berkualitas yang menginspirasi dan menambah wawasan masyarakat luas khususnya warga cirebon tentang dunia teknologi informasi.

Share this

Artikel Liyane

Previous
Next Post »