Apa Saja Ancaman Potensial Di Internet


Sobat koci suka berselancar di internet? Ehh tunggu dulu, ini bukan berselancar seperti di laut-laut gitu loh.. mkasudnya sobat koci suka browsing gitu atau suka searching-searching gitu kann... kayak cari lagu mp3 terbaru atau video kesukaan sobat koci.. hihi, atau sekedar mencari bahan untuk belajar.. atau lain-lainnya. Tau gak bukan hanya di dunia luar atau di dunia nyata saja yang bisa terjadi hal-hal berbahaya yang dapat mengancam sobat koci, di dunia maya seperti internet-pun tidak terlepas dari ancaman berbahaya seperti itu. Berikut adalah ancaman apa saja yang bisa terjadi di internet.

SPAM
Spam adalah e-mail sampah yang kerap datang bertubi-tubi ke mailbox kita, tanpa kita kehendaki. Isi dari spam tersebut bermacam-macam, dari sekedar menawarkan produk / jasa hingga penipuan berkedok bisnis kerjasama, tawaran multi-level marketing dan iklan-iklan yang tidak di kehendaki. Sapm termasuk ke dalam daftar masalah keamanan yang serius karena dapat digunakan untuk mengirimkan trojan, virus, worm, spyware, dan sasaran serang phising.

SPYWARE
Spyware adalah sebuah program jahat yang bersembunyi di dalam komputer. Sesuai namanya, program ini akan memata-matai segala aktivitas yang kita lakukan di intenet tanpa sepengatuhan kita, lalu mencuri data-data penting seperti username, password, dan informasi rekening bank. Data tersebut kemudian akan dikirim kepada si pembuat program. Spyware biasanya akan terinstall secara otomatis ketika kita men-download software tertentu, atau mengklik iklan tertentu dari sebuah situs, atau mengklik link tertentu dari sebuah pesan e-mail atau yang muncul tiba-tiba di pesan instan. Kita mungkin tidak sadar menerima sebuah spyware ketika menyetujui “End User License Agreement” saat menginstall program software.

PHISING
Dalam dunia internet, phising dikenal juga sebagai aksi penipuan online yang mencoba mencuri data-data penting penggua internet seperti username, password, dan detil informasi kartu kredit. Teknik serangan yang dilakukan umumnya dengan rekayasa sosial, misalnya dengan memanfaatkan isu-isu terkini seperti peristiwa bencana alam dan gempa bumi, ajang kompetisi olahraga seperti olimpiade atau Piala Dunia, dan sebagainya. Teknik ini digunakan untuk mengetahui kita agar mau menyerahkan informasi pribadi. Phising biasanya menyebar lewat email yang mengatasnamakan sebuah perusahaan ternama, dimana kita akan mendapatkan link yang jika di klik maka link tersebut akan mengarahkan kita ke sebuah situs palsu yang mirip dengan situs resmi perusahaan. Lalu kita akan diminta untuk menginputkan username dan password serta data penting lainnya.

Media informasi IT online kota cirebon, tempat berbagi informasi seputar dunia IT terbaru dengan konten berkualitas yang menginspirasi dan menambah wawasan masyarakat luas khususnya warga cirebon tentang dunia teknologi informasi.

Share this

Artikel Liyane

Previous
Next Post »