LIMA KEUNIKAN PRESENTASI STEVE JOBS

Sampai hari ini Jobs masih merupakan seorang storyteller perusahaan terbaik di dunia. Ada banyak orang memiliki talenta untuk menjadi seorang pembicara, tapi tidak ada yang seperti Steve Jobs.

Berikut ini adalah beberapa keunikan Steve Jobs ketika mempresentasikan produknya:

1. Tunjukkan antusias Anda
Steve menunjukkan betapa dia antusias setiap kali mempresentasikan produk besutan Apple. Dalam setiap presentasinya, Sobat Koci akan sering mendengar kata-kata “cool”, “amazing”, dan “gorgeous” karena dia sangat mempercayai produk yang dia presentasikan. Kalau Sobat Koci saja tidak antusias terhadap produk Sobat Koci, bagaimana orang lain bisa antusias.

2. Jual keuntungan
Katakanlah Sobat Koci memiliki waktu 30-60 menit untuk mempresentasikan produk Sobat Koci. Banyak orang memilih untuk lebih banyak menceritakan keburukan produk pesaing dengan harapan klien tidak membeli produk pesaing. Steve berbeda. Dia lebih banyak menceritakan kelebihan dan keuntungan produknya daripada membuang-buang waktu menceritakan produk lain.  Steve sangat percaya diri terhadap produk-produk ciptaannya.

3. Hindari membaca notes
Biasanya, setiap kali presentasi, Steve mendapatkan waktu sekitar 70-80 menit. Selama itu, tidak sedikit pun Steve mengeluarkan buku catatannya. Yang artinya, dia sangat mengerti produknya dan dia telah merencanakan dan melatih setiap hal  yang ingin dia sampaikan.

4. Jadikan presentasi Anda menyenangkan
Steve sering membuat “lawakan” yang mengundang gelak tawa dari para pendengarnya. Seringkali, ketika melakukan presentasi, kita terlalu tegang dan serius, lupa untuk sedikit menambah “bumbu” humor.

5. Jadi inspirasi untuk pendengar Anda
Di akhir presentasi, biasanya Steve sering menceritakan mengenai apa yang dia lakukan untuk mempersiapkan presentasi tersebut. Mungkin Sobat Koci bisa menceritakan bagaimana perjuangan Sobat Koci selama menjalani suatu bisnis atau hal yang sekarang Sobat Koci lakukan. Suka dan duka yang Sobat Koci alami yang membuat Sobat Koci sampai ke titik sekarang ini. Hal tersebut akan memberikan semangat dan inspirasi bagi orang lain.


(Sumber Majalah Internal HDI Family by zal/HDI)

Media informasi IT online kota cirebon, tempat berbagi informasi seputar dunia IT terbaru dengan konten berkualitas yang menginspirasi dan menambah wawasan masyarakat luas khususnya warga cirebon tentang dunia teknologi informasi.

Share this

Artikel Liyane

Previous
Next Post »