Website-website Keren Untuk Mengasah Skill Programming


Programming adalah suatu ilmu yang harus terus di asah. Bagaimankah cara sobat koci untuk mengasah skill programming di sela-sela waktu atau kesibukan. Bisa dengan membaca buku atau menonton video mungkin sudah sangat mainstream bagi sobat. Sulit memahami kata dan mengikuti gerakan tutor mungkin menjadi salah satu masalah. Apalagi programming, termasuk dengan memahami kodenya tentu juga merupakan masalah yang berbeda. Mungkin salah satu website dalam tulisan kali ini bisa menjadi referensi sobat koci untuk belajar, mengasah skill ataupun memahami dasar dari pemrograman:

Codecademy



Sobat masih belum memiliki skill programming sama sekali? Atau sedang belajar programming? Mungkin sobat koci perlu mendaftar pada situs ini. Tersedia beberapa jenis bahasa pemrograman yang bisa sobat koci pelajari, misalnnya Javascript, HTML/CSS, PHP, Phyton, Ruby. Sistem pembelajaran yang digunakan menurut penulis lebih efektif. Dimana sobat koci akan memilih tugas sesuai keinginan sobat. Dan ketika telah selesai, badge akan sobat koci dapatkan berdasarkan tugas yang diselesaikan.

Tampilan yang lebih memudahkan untuk melakukan aktivitas programming menjadi nilai tambah dari website ini. Selain itu, untuk menyelesaikan tugas pilihan sobat diberikan juga instruksi. Jika kode yang ditulis belum benar dan sobat koci bingung, mungkin fitur “Stuck” di bawah petunjuk bisa sobat gunakan untuk menyelesaikannya.

Fitur lain pun juga tersedia pada website ini, seperti grup dan code after school. Namun bahasa Inggris menjadi wajib sobat kuasai karena semua fitur yang berhubungan menggunakan bahasa inggris. Jika sobat pengguna iPhone, sobat pun bisa melakukan download aplikasi di App Store.

Code Avengers



Sobat Koci ingin belajar Javascript dan HTML lebih dalam? sobat koci mungkin perlu mendaftar pada situs ini. Untuk penggunaan awal bisa sobat lakukan tanpa harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Terdapat sedikit persamaan dengan codeacademy, yaitu sobat akan diberikan setiap tugas untuk diselesaikan. Terdapat nilai antara 2 – 5 poin pada setiap tugas yang dikerjakan , sehingga ketika telah sampai pada poin yang ditentukan sobat akan mendapat badge pula.

Sobat koci pun dapat memperoleh uang dari situs ini. Caranya adalah dengan melakukan daftar dan mengadakan kursus. Pada level 2-3 per murid di kursus sobat koci akan membayar $6, dan jika ada yang lebih dari level tersebut sobat akan memperoleh $10. Menguntungkan bukan?

CodeCombat



Ingin menjadi seorang programmmer, namun merasa kurang dalam melatih logika? Mungkin sobat koci perlu menggunakan CodeCombat untuk melatih konsep simpel pemrograman seperti penghitungan dan kondisi. Menggunakan sistem pembelajaran berbasis game RPG lucu dengan bermacam macam karakter seperti ksatria, ogre atau penyihir. Berdasarkan kode yang sobat tulis gerakan, serangan dan jurus bisa dilakukan. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Javascript, namun penggunaanya cukup mudah karena hanya mengatur pada koordinat dan kondisi saja.


Try Ruby


Tempat untuk sobat koci belajar Ruby, mulai dari dasar tanpa mendaftar. Ketika megakses situs ini, sobat akan disuguhi Ruby Console dan tugas yang akan sobat kerjakan ketika mengakses situs ini. Meskipun menggunakan bahasa inggris, tugas terkesan lebih mudah dipahami karena hanya menggunakan syntax yang simpel. Untuk mengefisiensi waktu sobat koci pun dapat menggunakan shortcut dan syntax yang terletak di bawah Ruby console.

Pada dasarnya try ruby merupakan bagian dari codeschool. Sehingga, Jika sobat ingin melakukan penyimpanan dari seluruh aktivitas, sobat koci harus membuat akun terlbih dahulu di codeschool. Forum diskusi dari codeschool pun bisa sobat gunakan melalui website ini dengan mengakses menu pada bagian atas.

Motivasi

Masih ingatkah sobat koci ketika pertama kali membuat aplikasi. Ketika sobat telah menyelesaikan salah satu tugas, maka level sobat sudah naik untuk menyelesaikan programming yang lebih menantang. Dimana batas imaginasi sobat tidak terbatas untuk terus berkarya. Feel the soul...

Featured Image from: code.nl
Referensi: bisakomputer.com

Media informasi IT online kota cirebon, tempat berbagi informasi seputar dunia IT terbaru dengan konten berkualitas yang menginspirasi dan menambah wawasan masyarakat luas khususnya warga cirebon tentang dunia teknologi informasi.

Share this

Artikel Liyane

Previous
Next Post »