Cara Membangun Startup


Membangun startup tidaklah mudah, apalagi ketika sobat koci tidak memiliki pengetahuan sama sekali mengenai bisnis tersebut. Namun setelah memilikinya, beban berat juga tetap akan dialaminya sehingga bagaimana cara membangun startup bisnis ini diperlukan, terutama untuk sobat yang baru mengenal bisnis tersebut.

Bisnis ini terbilang menjanjikan, pelakunya bisa meraih keuntungan super gede, dan tentunya bisa memberikan kesejahteraan buat pelaku bisnisnya. Lalu apa sebenarnya bisnis startup itu?

Jika sobat memang belum tahu, mari perhatikan ulasan mengenai apa itu startup, baru kemudian dilanjut tentang bagaimana cara membangun startup yang baik.

Apa Itu Startup?

Masih banyak yang belum mengerti apa itu startup sehingga banyak pula yang enggan untuk menjalankan bisnis tersebut, apalagi sampai mencoba mencari tahu tentang bagaimana caranya membangun startup bisnis ini.

Bekalan modal awal sebelum memulai bisnis ini, sobat perlu tahu gambaran besar mengenai bisnis tersebut.

Startup diartikan sebagai tindakan untuk memulai sebuah usaha yang artinya startup ini merupakan sebuah perusahaan baru. Perusahaan ini dimulai, kemudian dikembangkan dengan kerja keras untuk meningkatkan bisnisnya.

Bisnis ini dikaitkan dengan bidang teknologi, web atau internet. Pasalnya, hampir sebagian besar perusahaan startup ini memang menggunakan sebuah website sebagai wadah untuk menjalankan bisnis tersebut.

Perusahaan ini mulai dikembangkan dari awal, berjalan secara mandiri tanpa bantuan korporasi-korporasi yang sudah mapan dan telah besar sebelumnya. Ini menandakan jika startup adalah perusahaan yang memang berdiri sendiri, ingin berkembang supaya bisa meningkatkan hasil lebih besar.

Setidaknya ada 3 jenis bisnis startup yang ada saat ini. Diantaranya adalah startup pencipta game, startup e-coomerce, dan startup edukasi.

Dari ketiga jenis startup ini, yang paling ringan adalah startup pencipta game dan edukasi karena untuk menjalankannya terbilang lebih mudah.

Sementara untuk startup e-coomerce lebih sulit, butuh waktu yang lama untuk membesarkan nama dari bisnis  ini. Namun dibalik itu, peluang untuk mendapatkan laba jelas lebih besar.

Cara Membangun Bisnis Startup

Setelah sobat memperoleh gambaran mengenai startup, kini saatnya sobat mulai eksekusi bisnis. Supaya sobat sukses di bisnis tersebut, ada 3 poin penting yang perlu sobat jaga sebagai bahasan dari kiat sukses membangun startup bisnis ini.

Mencari partner yang tepat

Dalam menjalankan bisnis startup, melakukannya sendirian jelas tidak akan maksimal, bahkan bisa dikatakan terlalu beresiko.

Pasalnya, usaha ini butuh kerja keras dalam menaikkan nama perusahaan, kemudian memperkenalkan ke dunia bisnis tersebut.

Masalahnya, mencari partner yang diajak untuk bekerja keras dari awal tidaklah mudah. Namun bukan berarti tidak mungkin dilakukan.

Yang perlu sobat lakukan dalam kiat sukses membangun startup bisnis pertama ini adalah mencari partner yang memiliki passion yang sama.

Jika sobat menemukan partner tersebut, sobat akan lebih mudah untuk memulai bisnis tersebut. Bahkan menariknya, sobat telah mendapatkan partner yang sudah memiliki pengalaman di dunia tersebut.

Selain dengan cara tersebut, yakinkan partner untuk berbisnis tersebut. Contohnya adalah dengan menunjukkan gambaran besar tentang rencana bisnis tersebut, kemudian gambaran keuntungan, dan cara kerjanya.

Tetapkan tujuan bisnis tersebut

Seperti yang dikatakan sebelumnya, ada 3 jenis startup bisnis yang ada saat ini. Sobat tinggal menentukan mana yang sekiranya sobat tahu cara menjalankannya.

Jika sobat memiliki keahlian dalam mencipatkan sebuah game, ada baiknya memulai bisnis tersebut. Dan mulai melakukan sejumlah inovasi yang sekiranya bisa diterima dengan mudah oleh masyarakat.

Selain menetapkan satu jenis startup, sobat juga perlu memastikan apa yang ingin sobat capai. Kemudian bagaimana langkah-langkah yang akan ditempuh untuk menempuh tujuan utama dari bisnis tersebut.

Pada kasus ini, sobat memang sebaiknya lebih jeli sehingga peluang bisnis sobat dikenal masyarakat akan jelas lebih besar. Jadi, pastikan cara membangun startup bisnis ini sobat pegang sebagai kuncinya.

Mulailah bekerja keras dan konsisten

Ingat, bisnis startup adalah bisnis yang baru berkembang, dimulai dari nol sampai benar-benar besar.

Dari sini jelas, akan ada banyak rintangan yang akan dihadapi dalam menjalankan bisnis tersebut. Namun hal ini bisa dijadikan sebagai sebuah pelajaran untuk menaikkan bisnis tersebut.

Yang paling utama, jangan pernah berhenti jika sobat gagal menerapkan sebuah rencana. Maksudnya, ketika rencana sudah matang, dan eksekusinya gagal.

Pasalnya, bisnis apapun selalu ada kendalanya, dan kendala ini jelas perlu dihadapi. Caranya adalah dengan banyak belajar mengenai startup itu sendiri.

Setelah bekerja keras sebagai kiat sukses membangun startup bisnis dijalankan, hal yang seharusnya dipegang adalah konsisten. Jangan pernah berhenti, atau puas setelah mendapatkan laba.

Intinya, lakukan usaha ini dengan partner yang sama-sama memiliki ketertarikan yang sama dengan Anda, dan tentunya telah memiliki kemampuan dalam bidang tertentu sebagai bahan bisnis tersebut.

Jika sobat belum menemukannya, fikirkan terlebih dahulu apa yang ingin sobat buat, kemudian pastikan jika sobat menemukan partner yang bisa sobat ajak untuk bekerja keras meraih kesuksesan dalam bisnis startup tersebut.

Eniwei,.. masih jarang sekali ada startup di kota cirebon. Jarang bukan berarti tidak ada, sebelumnya admin pernah melihat di sosial media salah satu startup agak mirip-mirip G****k. Dan tentunya bukan hanya itu, online shop pun sudah mulai tumbuh di kota cirebon ini. Serta ada lagi satu startup yang mengambil konsep software house di kota cirebon bernama Sarana Mandiri Teknologi. Startup ini menyediakan Jasa Konsultasi IT dengan berbagai aplikasi unggulan yang sudah mereka buat. Berikutnya akankah ada startup sobat yang akan muncul?

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara membangun startup bisnis yang akan membuat mutu hidup sobat lebih berarti. Jadi, persiapkan diri sobat untuk menjadi pebisnis startup yang sukses.

Media informasi IT online kota cirebon, tempat berbagi informasi seputar dunia IT terbaru dengan konten berkualitas yang menginspirasi dan menambah wawasan masyarakat luas khususnya warga cirebon tentang dunia teknologi informasi.

Share this

Artikel Liyane

Latest
Previous
Next Post »