Menjadi Programmer Yang Menginspirasi


Tentu tidak mudah menjadi orang yang mampu menginspirasi orang lain. Apalagi menjadi seorang pragrammer kemudian menciptakan lingkungan yang dapat menginspirasi banyak orang untuk menjadi lebih baik bagi dirinya, keluarganya dan lingkungannya.

Walaupun seorang programmer mampu membuat suatu yang berguna. Tapi teknologi tetaplah teknologi, ia seperti pedang bermata dua. Yang barang siapa memegangnya bisa saja melukai orang lain. Ataupun bila digunakan oleh orang yang tepat bisa melindungi orang lain dan menjadi bermanfaat.

Untuk dapat menginspirasi orang lain tidak hanya memiliki kemampuan khusus sejak lahir tetapi ada juga yang dimiliki karena suatu proses. Ada beberapa unsur penting yang harus si programmer miliki untuk dapat menjadi inspirator. Yaitu KNOWLEDGE (pengetahuan), HARDWORK (kerja keras), dan ATTITUDE (sikap). Ketiga unsur ini mutlak harus dimiliki oleh programmer agar menjadi “berbeda” dibanding programmer yang “seperti biasanya”.

Sekarang, bagaimana menghitung seberapa besar kontribusi ketiga hal tersebut? Mari kita beri nilai setiap huruf tersebut dengan menggunakan angka.

A=1 B=2 C=3 D=4 E=5 F=6 G=7 H=8 I=9 J=10 K=11 L=12 M=13 N=14 O=15 P=16 Q=17 R=18 S=19 T=20 U=21 V=22 W=23 X=24 Y=25 Z=26

Sekarang, kita beri value untuk masing-masing unsur di atas.

K N O W L E D G E
K=11 + N=14 + O=15 + W=23 + L=12 + E=5 + D=4 + G=7 + E=5
Jika kita jumlah, maka akan kita dapatkan angka 96. Maka, KNOWLEDGE mempengaruhi 96% keberhasilan menjadi programmer. Atau dengan kata lain, Sobat Koci harus memperoleh pengetahuan sebanyak-banyaknya dan wawasan seluas-luasnya. Jadilah Sobat Koci orang yang memiliki pikiran terbuka terhadap segala hal. Sobat Koci harus menjadi orang yang Open Minded untuk dapat memperolehnya.

H A R D W O R K
H=8 + A=1 + R=18 + D=4 + W=23 + O=15 + R=18 + K=11
Jiak kita jumlah, maka akan kita dapatkan angka 98. Maka, HARDWORK mempengaruhi 98% keberhasilan Sobat Koci menjadi seorang programmer. Untuk menjadi seorang programmer yang menginspirasi, Sobat Koci harus bekerja keras. Tanpa kerja keras, bahkan hal kecilpun belum tentu dapat kita capai. Kerja keras menentukan seberapa besar keberhasilan kita dalam meraih sesuatu. Bekerja keras berarti kita tidak menjadi pemalaas. Lakukan sesuatu kapanpun, dan jangan tunda pekerjaan.

A T T I T U D E
A=1 + T=20 T=20 + I=9 + T=20 + U=21 + D=4 + E=5
Jika kita jumlah, maka akan kita dapatkan angka 100. Maka, ATTITUDE 100% menentukan apakah Sobat Koci layak menjadi seorang programmer yang menginspirasi orang lain. Sikap, adalah hal paling mendasar dalam keseharian kita. Tanpa sikap yang baik, bagaimana kita dapat mempengaruhi lingkungan kita menjadi lebih baik. Attitude, sangat menentukan apakah kita mampu menginspirasi orang lain atau tidak.

Dari rumus di atas, sudah jelas bagaimana kolaborasi antara KNOWLEDGE, HARDWORK, dan ATTITUDE dapat menunjukkan siapa kita dan bagaimana kita..

Media informasi IT online kota cirebon, tempat berbagi informasi seputar dunia IT terbaru dengan konten berkualitas yang menginspirasi dan menambah wawasan masyarakat luas khususnya warga cirebon tentang dunia teknologi informasi.

Share this

Artikel Liyane

Previous
Next Post »