Kiat Jitu Menghindari Spam


Untuk menghindari atau setidaknya meminimalisir masuknya spam ke mailbox kita, beriut ini beberapa kiat yang bisa sobat koci dilakukan:
  1. Tak usah merespon / menjawab / membalas email yang dikirim dari orang yang tidak kita kenal.
  2. Waspadalah mengirimkan email "remove", "unsuscribe" atau sejenisnya ke pengirim spam (spamer) justru  akan memberikan informasi bahwa email kita atif kepada mereka, yang akan berakibat semakin membanjirnya spam.
  3. Jangan pernah membuka atau meng-klik lin situs yang ditawarkan atau diinformasikan oleh email yang kita tak kenal pengirimnya.
  4. Buatlah dan gunakan alamat email yang berbeda untuk tiap keperluan, bedakan email yang digunakan untuk keperluan pribadi (termasuk keprluan sekolah ataupun keperluan pekerjaan) dengan email yang untuk keperluan mendaftar di mailing-list tertentu atau mengisi suatu formulir online di sebuah situs.
  5. Hindari memberikan alamt email pribadi ke sembarang orang, termasuk memasangnya di situs (personal ataupun resmi), blog, facebook, ataupun twitter.
  6. Jika tetap harus menyantumkan email di situs, maka gantilah tanda '@' dengan '[at]' agar tidak terbaca oleh program otomatis yang mendeteksi email milik spammer. Contoh sure[at]ictwatch.com.
  7. Jika menerima spam lokal (berbahasa Indonesia) segera hubungi tim khusus penanggulangan spam nasional melalui email abuse@ap
  8. Apabila diperlukan, pasanga software anti spam di komnputer kita.
  9. Atifkan fitur anti spam di layanan email yang anda lakukan. Biasanya account email di Yahoo, Gmail ataupun Hotmail memilii fitur anti spam. Sejumlah ISP terkemuka di Indonesia juga telah melindungi email para pelanggannya dengan anti spam. Tanyakanlah pada ISP langganan anda.
  10. Bacalah informasi terkini tentang perkembangan spam secara global / internasional serta penanggulangan nya di situs www.spamhaus.org


Media informasi IT online kota cirebon, tempat berbagi informasi seputar dunia IT terbaru dengan konten berkualitas yang menginspirasi dan menambah wawasan masyarakat luas khususnya warga cirebon tentang dunia teknologi informasi.

Share this

Artikel Liyane

Previous
Next Post »