Bagaimana Mengantisipasi Serangan Malware dan Spyware


Masih ingat tentang artikel sebelumnya yaitu apa saja ancaman potensial di internet. Salah satunya adalah malware dan spyware. Berikut adalah bagaimana trik yang bisa sobat koci lakukan untuk mengantisipasi serangan malware.
  1.  Pastikan sobat koci mem-backup data di komputer secara rutin. Malware tidak hanya dapat mencuri informasi perbankan atau informasi pribadi lainnya, tetapi juga dapat menghapus seluruh isi komputer bahkan membuat komputer menjadi tidak berfungsi alias rusak.
  2.  Jangan pernah membuka file attachment ataupun link yang berasal dari sumber yang tidak dikenal, termasuk attachment di email dan instant message.
  3. Sebelum membuka fille, scan terlebih dahulu file tersebut dengan antivirus. Jangan lupa untuk selalu meng-update antivirus sobat koci secara rutin.
  4. Perbarui sistem keamanan dan web browser sobat koci dengan patch terbaru.
  5. Hapus semua pesan yang tidak dikenal, jangan membukanya.
  6.  Jika tiba-tiba salah satu teman yang ada dalam daftar instant messanger mengirimkan pesan aneh, file, ataupun link yang mencurigakan, jangan sibalas ataupun membuka link tersebutt. Segera tutup saja window chat tersebut.

Kemudian bagaimanakah menangkis spyware, sobat koci bisa coba jurus-jurus dibawah ini.
  1. Selektiflah dalam memilih material-materila yang kita download dari Internet ke dalam komputer.
  2. Bacalah selalu perjanjian lisensi (licensing agreements) dengan seksama, sebelum melakukan proses instalasi software.
  3. Waspadailah aksi peniupuan anti-spyware. Ada beberapa software anti-spyware yang justru berisi spyware. Kalau kita tidak jeli, tidak menutup kemungkinan kita terjebak aksi penipuan seperti ini. Untuk itu, telitilah sebelum men-download dan menginstall sebuah aplikasi.
  4. Waspadai iklan-iklan yang muncul tiba-tiba di setiap komputer ataupun email.
  5.  Perbarui selalu browser Internet sobat koci dengan versi terbaru.
  6.  Lakukan scan komputer secara rutin.
  7. Apabila diperlukan , pasanglah software anti-spyware di komputer. Salah satu software yang bisa digunakan adalah Norton Internet Security atau Norton 360. Software ini menyediakan proteksi anti-spyware untuk melindungi koputer dari ancaman keamanan.

Media informasi IT online kota cirebon, tempat berbagi informasi seputar dunia IT terbaru dengan konten berkualitas yang menginspirasi dan menambah wawasan masyarakat luas khususnya warga cirebon tentang dunia teknologi informasi.

Share this

Artikel Liyane

Previous
Next Post »