Amankan Komputermu dari Ancaman Internet

Komputer memiliki memory dan processor yang kerjanya hampir sama dengan memori otak manusia. Dengan memory dan processor, komputer bisa menyimpan file-file komputer seperti program, foto-foto, dokumen, game, atau musik.

Nah, komputer sendiri mempunyai 2 komponen utama, terdiri dari perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software).

Ibaratnya manusia, hardware adalah bagian tubuh komputer yang bisa dilihat. Tanpa komponen ini, sebuah komputer tidak akan bisa beroperasi dengan baik. Contoh hardware komputer adalah mouse, monitor, printer, webcam, speaker. Sedangkan software adalah otaknya komputer.

Agar bisa terhubung ke internet, maka sebuah komputer membutuhkan jaringan internet. Internet akan menghubungan komputer kita dengan komputer lain di seluruh dunia, sama seperti ponsel kita yang terhubung ke ponsel lain lewat jaringan kabel. Hebatnya, dengan koneksi internet kita bisa mengirim surat, dokumen, ngobrol dengan orang lain di seluruh dunia.

Lalu seberapa amankah kita terhunbung ke jaringan internet?

Sebuah komputer memiliki ribuan port yang berfungsi seperti pintu. Port inilah yang nantinya akan nantinya diatur apakah dibuka atau ditutup untuk menerima dan mengirim informasi setiap kali kita terhunbung ke internet. Seperti sebuah benteng yang membutuhkan pertahanan, bagaimana kita menjaga ribuan pintu tersebut? kuncinya adalah pastikan komputer anda aman.


Media informasi IT online kota cirebon, tempat berbagi informasi seputar dunia IT terbaru dengan konten berkualitas yang menginspirasi dan menambah wawasan masyarakat luas khususnya warga cirebon tentang dunia teknologi informasi.

Share this

Artikel Liyane

Previous
Next Post »