Kemampuan Lain Yang Diperlukan Lulusan IT Sebelum Melamar Pekerjaan


Sobat Koci, kemampuan teknis saja tidak bisa langsung membuat programmer menjadi sukses di dunia pekerjaan. Developer web yang sukses adalah orang yang compassionate. Itulah hal yang tidak bisa dipelajari secara online yaitu empati.

Seorang developer bukanlah sebuah robot, yang dapat diperintah begitu saja tanpa memiliki empati terhadap sesamanya. Kkrenanya sebagai seorang profesional IT sekaligus manusia yang berhubungan dengan sesamanya, programmer juga harus memiliki kepribadian yang baik.

Kemampuan interpersonal yang baik
Sobat koci perlu memiliki kemapuan interpersonal yang baik.

Apa itu kemampuan interpersonal?

Yaitu kemampuan sehari-hari manusia yang digunakan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, baik secara individu maupun kelompok. Seseorang yang berhasil menggunakan kemampuan interpersonal dengan baik akan dengan mudah menghadapi setiap permasalahan yang ia hadapi baik secara profesional maupun di kehidupan pribadinya.

Perlu sobat koci tahu. Hampir semua perussahaan akan mencari calon staf dengan kemampuan interpersonal yang baik, karena dalam dunia bisnis, kemampuan inilah yang akan digunakan untuk menyelesaikan pekerjaaan bersama tim.

Meski tidak dapat disebutkan satu per satu, tetapi berikut adalah beberapa kemampuan interpersonal yang dapat mendukung keberhasilan sobat koci di tempat kerja.

Komunikasi verbal
Merupakan salah satu kemampuan interpersonal terpenting, karena dengan kemampuan ini sobat koci dapat menyampaikan informasi dengan efektif dan efisien dalam bekerja dengan tim. Gunakan kalimat yang simpel dan tidak berbelit-belit dengan menjaga kontak mata terhadap lawan bicara. Hindari nada bicara yang bersifat agresif dan menghakimi lawan bicara, karena hal ini akan memicu konflik yang membuat komunikasi tidak lagi efektif.

Komunikasi non-verbal
Komunikasi non-verbal akan melengkapi kemampuan berkomunikasi sobat koci dengan menguakan bahasa tubuh. Gunakan nada bicara yang hangat dan jangan ragu untuk menggunakan bahasa tubuh dalam penyampaian informasi.

Negoisasi
Seiring berjalannya waktu, tidak dapat dipungkiri konflik akan tejadi karena adanya tujuan yang berbeda dari tiap individu. Tanpa negoisasi, konflik akan memicu ketidakpuasan di salah satu pihak. Diskusikan kebutuhan yang ada dan negoisasikan sampai mencapai suatu kesepakatan yang tidak akan merugikan satu sama lain.

Penyelesaian masalah
Hubungan interpersonal dan bisnis terkadang gagal karena buruknya upaya penyelesaian masalah. Identifikasi terlebih dahulu permasalahan yang sobat koci hadapi, kemudian coba untuk melihat kemungkinan penyelesainnya seperti apa. Setelah sebuah solusi diimplementasikan, terus pantau dan mintalah feedback atas solusi tersebut.

Pengambilan keputusan
Terkadang memang terasa sulit, pengambilan keputusan menjadi hal yang paling krusial dalam dunia pekerjaan. Sobat koci akan selalu dihadapkan dengan sistuasi dimana harus memilih keputusan yang akan menentukan hasil akhir pekerjaan. Walaupun terasa sulit, cobalah untuk mengambil keputusan.

Teruslah berlatih kemampuan-kemampuan diatas, terus asah kemampuan teknis serta interpersonal sobat koci supaya dapat lebih siap untuk memasuki dunia kerja.


Media informasi IT online kota cirebon, tempat berbagi informasi seputar dunia IT terbaru dengan konten berkualitas yang menginspirasi dan menambah wawasan masyarakat luas khususnya warga cirebon tentang dunia teknologi informasi.

Share this

Artikel Liyane

Previous
Next Post »