Yang Harus Diperhatikan Lulusan IT saat Melamar Pekerjaan


Mendapatkan pekerjaan yang layak tentu menjadi impian semua orang, apalagi bekerja di suatu perusahaan besar. Ini juga berlaku bagi mereka yang baru lulus kuliah. Mendapatkan tantangan dari industri yang sebenarnya merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi mereka.

Kebutuhan akan developer masih sangat tinggi, namun jumlah dari developer itu sendiri belum berkembang dengan cepat. Tentu ini menjadi tantangan untuk para lulusan IT, karena menurut dunia pelerjaan, kualitas lulusan IT yang ada masih jauh dari kebutuhan industri.

Sobat koci perlu tau lebih dahulu, tentang kemampuan apa yang diperlukan atau dibutuhkan perusahaan sebelum sobat koci melamar perusahaan yang sobat koci impikan.

Kompetensi di bidang teknis yang mumpuni
Meiliki kemampuan teknis sangat diperlukan bagi programmer. Kemampuan ini membantu sobat koci dalam usaha menyelesaikan permaslahan yang akan dihadapi di dunia kerja.

Dengan keahlian khusus, sobat koci bukan hanya tampak berbeda dari programmer lain tapi juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi perusahaan besar. Berikut adalah kemampuan yang sangat dibutuhkan dunia kerja sekarang ini.

Menguasai beberapa bahasa pemograman
Ketika developer mampu menguaasai beberapa bahasa pemograman, itu akan memudahkan mereka ketika mulai bekreja dipersahaan besar. Semakin banyak bahasa pemograman yang dikuasai atau dipelajari, semakin banyak jenis permasalahan yang bisa sobat koci selesaikan.

Pilihlah bahasa yang paling efektif untuk sebuah proyek yang spesifik. Bahasa pemograman Javascript atau Python bisa menjadi salah ssatu pilihan sobat koci.

Familiar dengan berbagai tool pengembangan software
Dalam pembuatan software, perusahaan biasanya menggunakn beberapa tool seperti Git untuk memantau perubahan kode, JIRA atau Pivotal Tracker untuk manajemen proyek, Amazon AWS atau Heroku untuk servis komputasi web, dan spftware untuk basis data seperti SQLite dan PostgreSQL.

Dengan tool diatas sobat koci tidak akan kebingungan untuk menentukan prioritas pekerjaan serta mempermudah usaha sobat koci dalam bekerja dengan anggota tim lain.

Pemahaman terhadap algoritma, struktur data, dan kompleksitas
Ketiga hal tersebut menjadi penetu dalam merancang software yang dapat berfungsi sempurna. Algoritma yang sistematis, struktur data yang teratur, serta pengukuran kompleksitas yang akurat dapat menghasilkan produk yang mudah dan nyaman bagi pengguna.

Pengalaman dengan berbagai proyek
Bagi sebagian lulusan IT baru mungkin belum banyak pengalaman yang di dapat. Mulailah dengan mengerjakan beberapa projek kecil, itu akan melatih kemampuan pemograman obat koci. Nantinya, kemampuan ini akan mempermudah sobat koci untuk memperbaiki bug dalam sistem atau sekedar hanya menambah fitur.

Usaha sobat koci untuk dapat bekerja di dalam sebuah perusahaan besar akan menjadi lebih efektif dengan meiliki kemampuan diatas.

Tapi...
Apa hanya dengan kemampuan teknis saja cukup menjadi modal utama untuk sukses di dunia pekerjaan. Simak informasi berikut tipsnya pada artikel selanjutnya.



Media informasi IT online kota cirebon, tempat berbagi informasi seputar dunia IT terbaru dengan konten berkualitas yang menginspirasi dan menambah wawasan masyarakat luas khususnya warga cirebon tentang dunia teknologi informasi.

Share this

Artikel Liyane

Previous
Next Post »