Menguji Web Responsif menggunakan Resizer Tool

Resizer: Alat buatan Google untuk menguji web responsive | Website yang bisa dibuka dengan baik pada perangkat mobile adalah suatu faktor ranking penting dimata Google saat ini. Pengumuman Google beberapa waktu lalu tentu sudah sama-sama kita dengar, bahwa saat ini Google sangat memprioritaskan website yang bisa dibuka di ponsel dan tablet, bukan hanya sekedar di desktop.

Website yang support mobile akan lebih mungkin untuk muncul di halaman utama dibanding yang tidak support mobile. Kira-kira begitu inti pemberitahuannya.

Web yang bisa dibuka dengan baik pada berbagai perangkat tentu akan membuat pengunjung senang, karen mereka tidak akan mendapati lagi tempilan web yang super kecil dan harus di zoom beberapa kali agar bisa dibaca.

Mendesain sebuah pengalaman pengguna yang intuitif dan bagus tentu tidak mudah, karena itu adalah sebuah proposisi yang rumit. Untuk membantu desainer web mendapatkan keseimbangan dan kemudahan dalam mengikuti perkembangan teknologi web, Google memperkenalkan Resizer untuk web desainer & developer guna menguji website mobile mereka.

Alat ini memungkinkan web desainer untuk menguji tampilan website di berbagai platform apakah sebuah website sudah responsive atau belum, terutama website yang berbasiskan Material Design. Namun untuk website yang tidak berbasiskan Material Desain juga tetap bisa digunakan. Untuk Anda yang ingin membuat web dengan material design, bisa mencoba 19 Framework Untuk Membuat Web Material Design Responsive.

Resizer Tool Responsive Google

Alat ini bisa mengetahui dengan pasti dimana breakpoint berada, sehingga akan lebih mudah dalam merancang desain web responsive. Resizer akan menunjukan secara real-time – jika situs tersebut rekursif untuk mobile.

Cara kerjanya mudah, cukup masukan URL website Anda pada kolom yang disediakan.

Setelah memasukan URL, Anda dapat beralih antara pilihan desktop dan mobile untuk melihat tampilan web Anda. Resizer memang sangat interaktif untuk digunakan.

Ketika pertama membuka halaman Resizer, secara default yang akan diuji adalah halaman web material desain buatan Google.

Tujuan Google membuat Resizer adalah untuk membantu mengetes breakpoint, grid responsif dan kebiasaan tampilan serta pola user interface dari Material Design pada website. Alat ini mungkin tidak akan membantu ketika proses pembuatan desain, namun akan sangat berguna ketika proses pengujian performa.

Silahkan kunjungi halaman pengenalan Resizer, dan coba demonya di design.google.com/resizer

Media informasi IT online kota cirebon, tempat berbagi informasi seputar dunia IT terbaru dengan konten berkualitas yang menginspirasi dan menambah wawasan masyarakat luas khususnya warga cirebon tentang dunia teknologi informasi.

Share this

Artikel Liyane

Previous
Next Post »