Text Editor Terbaik Untuk Pemograman



Text Editor merupakan kantor tersendiri bagi para programmer. Tempat dimana para programmer berkreasi dengan karya-karya nya. Ada juga yang berpendapat bahwa text editor adalah senjata wajib bagi para programmer. Terserah bagaimana sobat koci mengartikan bagaimana atau definisi tersendiri tentang apakah text editor itu. Yang jelas dalam aktivitasnya, kegiatan coding memerlukan text editor sebagai medianya. Dan pada akhirnya text editor menjadi faktor penting untuk para programmer dalam membuat sebuah program. Namun saat ini banyak sekali text editor yang bisa digunakan, mulai dari yang gratis (free) hingga text editor yang berbayar. Sekarang admin akan membahas tentang text editor terbaik yang bersifat free, yang sifatnya gratis. Sobat suka yang gratisan kan? :D Bukan sekedar gratisan... tapi juga powerfull. Simak yaa dibawah ini.

Notepad ++ 
Oke, yang pertama adalah Notepad ++. Mungkin terdengar familiar karena dalam hal nama mirip seperti notepad. Namun jangan salah, fitur yang ditawarkan Notepad ++ jauh lebih banyak dan lengkap. Disamping penggunaan yang user friendly dan ringan, notepad++ hadir dengan dukungan berbagai macam bahasa pemgroman. Itulah kenapa Notepad++ ini populer di kalangan programmer. Dan yang paling penting adalah gratis. Bisa di download pada situs resminya. Situs Resmi : https://notepad-plus-plus.org

Sublime Text
Merupakan salah satu text editor yang paling banyak digunakan. Memiliki tampilan yang dinamis, dengan dukungan berbagai platform (Linux, Mac OS, dan Windows), juga tersedia beberapa fitur dan packages yang bisa digunakan untuk menunjang aktivitas coding. Sublime Text pun bisa di unduh secara gratis di situs reminya. Namun bila sobat berkenan untuk menggunakan full fitur pada Sublime Text, maka sobat koci perlu membeli lisensisnya.

Situs Resmi : https://www.sublimetext.com

Visual Code Studio
Merupakan aplikasi text editor keluaran Microsoft. Meski terbilang baru, text editor ini disukai banyak programmer. Oleh karena texteditor ini hampir mendukung seluruh bahasa pemograman seperti vb.net, C#, C++, Java, XML, HTML, ASP, PHP dll. Disampin itu meski keluaran microsoft, ternyata text editor ini mendukung berbagai platform seperti Linux, Mac OS dan pastinya windwos. Text editor ini bisa di unduh di situs resminyya.

Situs Resmi : https://code.visualstudio.com

Komodo Edit
Menjadi salah satu alternatif bagi sobat yang mengingkan tampilan text editor seperti sublime text karena sobat bisa memilih tema untuk tampilan text editor ini. Disamping itu, komodo edit memiliki banyak fitur dan cukup ringan digunakan juga mendukung berbagai macam bahsa pemograman tingkat tinggi seperti phyton, ruby, tcl, sql, html, css, smarty, xhtml, php, dan banyak lagi bahasa pemograman lain. Dan juga tentunya koodo edit bisa berjalan di berbagai paltform.

Situs Resmi : https://www.sublimetext.com

Atom
Merupakan salah satu text editor keluaran Github yang tentunya bersifat open sources. Mnejadi text editor terfavorit di kalangan programmer web.Memiliki banyak fitur yang bisa diandalkan dan menjadikannya sebagai aplikasi text editor yang paling sering digunakan para developer, seperti: web based technology desktop text editor, fiel system browser, fuzzy finder for quickly opening files, fast project-wide search and replace, multiple cursors and selection, mulitple panes, snippets, code folding, a clean preferences UI, TextMate grammars importing, modular design, nodejs integration, dan berbagai macam packages lain dan keunggulan lain. Tentunya juga bisa berjalan di berbagai platform, Linux, Mac OS, dan windows. Bisa langsung di unduh pada situs resminya.

Situs Resmi : https://atom.io/   

Tentunya kenyamanan adalah hal yang paling utama dan penting. Karena pemograman dalam proses nya membutuhkan kosentrasi yang cukup tinggi dan terlepas dari gangguan-gangguan kecil lain. Kegiatan coding membutuhkan tingkat kefokusan yang tinggi agar dapat menyelesaikan sebuah masalah dan mengkoversinya kedalam sebuah program. Itulah sebabnya mungkin seorang programmer biasanya memiliki kebiasannya masing-masing. seperti tidak ada aturan dalam pakaian bahkan sampai setengah bugil (programmer tertentu) atau juga hanya dapat fokus pada malam hari. Lalu programmer seperti apakah sobat? Dan text editor apakah yang menurut sobat nyaman? Silahkan komen di bawah ini. Atau bisa email ke : kodecirebon@gmail.com

Media informasi IT online kota cirebon, tempat berbagi informasi seputar dunia IT terbaru dengan konten berkualitas yang menginspirasi dan menambah wawasan masyarakat luas khususnya warga cirebon tentang dunia teknologi informasi.

Share this

Artikel Liyane

Previous
Next Post »