Tips Memilih Kartu MicroSD Agar Kinerja Ponsel Bagus



Tahukah sobat koci ada produsen utama yang memutuskan untuk merilis ponsel flagship tanpa slot MicroSD seperti seri Galaxy S6. Tapi ada juga pengguna yang memiliki flagship dengan slot MicroSD. Ulasan kali ini buat kalian yang tertarik dan pastinya juga buat pengguna yang memiliki flagship dengan slot MicroSD tentunya.

Kalau diperhatikan kartu MicroSD memiliki kinerja berdasarkan kelas dan kecepatan, serta kemampuan telepon Sobat Koci sendiri. Sekarang, coba kita ulas sama-sama segala sesuatu yang perlu Sobat Koci ketahui untuk membantu Sobat Koci memilih kartu MicroSD terbaik untuk perangkat Android kesayangan Sobat Koci.

Pertama, Pastikan Perangkat Sobat Koci Mendukung Kartu MicroSD
Sayangnya, tidak semua smartphone memiliki slot MicroSD, meski dibeberapa smartphone kapasitas memori internalnya sudah besar. Akan tetapi terasa konyol bagi seberapa orang jika sebuah smartphone tidak memiliki slot kartu MicroSD.

Yang kedua. Sebenarnya apa perbedaan antara SDHC dan micro SDXC pada MicroSD?
Ketika membeli kartu MicroSD, Sobat Koci akan melihat ada tulisan micro SDXC mikro atau kartu SDHC. Perbedaan antara dua format MicroSD ini yaitu hanya terletak pada jumlah data yang dapat disimpan. SDHC (Secure Digital High Capacity) menyimpan hingga 32GB data, sedangkan SDXC (Secure Data Extended Capacity) memiliki 64GB dan di atas.

Banyak perangkat Low-End yang tidak mendukung kartu MicroSD SXC, jadi penting bahwa Sobat Koci memeriksa kompatibilitas ponsel Sobat Koci sebelum membeli. Kebanyakan kartu SDXC memiliki kapasitas 128GB. Namun pada bulan maret 2015, Sandisk mengungkapkan pertama di dunia kartu MicroSD SDXC dengan kapasitas 200GB.

Yang ketiga. Apakah arti ‘Class’ pada MicroSD?
Yang satu ini penting sob, kartu McroSD datang dalam beberapa kelas yang berbeda. Class 2, 4, 6 dan 10. Mungkin angka-angka ini terlihat tidak berarti apa-apa untuk Sobat Koci. Tapi jelasnya nomor-nomor diatas menunjukkan tingkat kecepatan transfer data. Misalkan, kelas 2 berarti membaca dan menulis data pada 2 MB/s, sementara class 10 kartu melakukannya pada 10 MB/s.


Memang angka ‘kelas’ mencerminkan kecepatan minimal kartu. Namun, kartu berkualitas dapat berjalan lebih cepat dari ini, dengan beberapa contoh terbaik dengan kecepatan membaca data hingga 95 MB/s. Salah satunya kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro, yang dapat dibeli sebesa $33 di Amazon.com atau £34 di amazon.co.uk.

Sekarang Keempat. Apa Sebenarnya Arti UHS Pada Kartu MicroSD?
Sejak 2009, kartu MicroSD memiliki UHS-1 atau UHS-23. Sementara di UHS teori kartu dapat mencapai kecepatan transfer data hingga 312 MB/s. Tapi karena tidak ada smartphone saat ini yang mendukung standar UHS, maka Sobat Koci hanya mungkin untuk mencapai kecepatan transfer minimum yang tercantum di bawah ini. Dengan demikian, UHS akan membuat sedikit perbedaan dengan kecepatan kartu MicroSD Sobat Koci pada saat ini.



Kelima. Apakah kartu MicroSD terbaik, bisa mempercepat ponsel Sobat Koci?
Pertanyaan yang paling penting adalah apakah memilih salah satu kartu MicroSD akan meningkatkan kinerja pada ponsel Sobat Koci. Jawaban singkatnya adalah ‘Yess’ bin ‘Iyaa bingiiit’ atau ‘Iyaa beud’ hehe

Jika Sobat Koci menyimpan aplikasi dan foto pada MicroSD. Maka kecepatan yang lebih tinggi pada karttu MicroSD akan menyimpan foto lebih cepat, meningkatkan kecepatan transfer data ketika memindahkan file antar perangkat, dan aplikasi yang disimpan pada Sobat Koci kartu MicroSD akan terbaca lebih cepat.



Perhatikan bahwa membuka aplikasi kartu MicroSD mungkin terasa sedikit lebih lambat daripada menyimpannya di memori internal ponsel Sobat Koci, karena ada lapisan tambahan komunikasi antara ponsel dengan kartu MicroSD yang perlu dilakukan.

Terakhir. Kesimpulan.
Seperti yang Sobat Koci lihat, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika membeli kartu MicroSD, dan semoga ulasan di bisa memberikan gambaran ketika Sobat Koci mau membeli MicroSD yang oke punya.

Sobat Koci juga bisa membeli merek terkemuka untuk kartu MicroSD, seperti SanDisk, Samsung, dan Kingston.


Dan sebagai saran, jika Sobat Koci melihat kartu MicroSD dari perusahaan lain yang lima kali lebih murah dari ori nya, maka Sobat Koci harus waspada tehadap kualitasnya. Kecuali memang produk original dari penjualnya bisa terjamin dan terpercaya, supaya Sobat Koci bisa tenang dan enjoy dengan kualitasnya.

Media informasi IT online kota cirebon, tempat berbagi informasi seputar dunia IT terbaru dengan konten berkualitas yang menginspirasi dan menambah wawasan masyarakat luas khususnya warga cirebon tentang dunia teknologi informasi.

Share this

Artikel Liyane

Previous
Next Post »